Rabu, 16 Desember 2009

SAFARI NATAL WAKIL BUPATI SANGGAU KE BONTI



Minggu, 13 Desember 2009 Dalam rangkaian menyambut Natal Tahun 2009, Wakil Bupati Sanggau mengadakan safari Natal dan untuk yang pertama kali dilaksanakan di Paroki Kecamatan Bonti. Wakil Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.Ip membawa rombongan yang diantaranya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Yohanes Anselmus, S.Pd, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Krismono, Sekretaris Daerah Drs. C. Aspandi, Kepala DP2KAD Drs. F. Andeng Suseno dan Kabid Aset Drs. Robertus Saloy, Kepala Dinas Hutbun Sumadi Haryoko, SH, Kepala Dinas Dukcapil Aloysius Aloy  beserta staf Samuel Cun dan Frans Kimin, Assisten I Drs. Irenius Nius, Kabag Kesra Drs. Yohanes Suprianto, Kabag Umum Suhardi TB, S.Ip, M.Si.

Kedatangan rombongan Wakil Bupati disambut oleh Camat Bonti Drs. Markus, Kepala Pastor Paroki Bonti, Pemuka Masyarakat, Pemuka Agama dan 5 (lima) Kepala Desa yang ada di Kecamatan Bonti denngan tarian adat, selanjutnya pemotongan buluh oleh Wakil Bupati Paolus Hadi sambil berdo’a agar Paroki Bonti tetap jaya dan dapat membangun gereja.

Dalam kesempatan ini  Pastor Paroki yang juga Sekretaris DAD Kecamatan Bonti menyampaikan keinginan masyarakat untuk membangun Aula di Bonti yang selain digunakan sebagai tempat ibadah juga dapat digunakan sebagai sarana umum yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Bonti karena Gedung Paroki yang ada sekarang tidak mencukupi kebutuhan lagi. Adapun kebutuhan dana tersebut diperkirakan mengeluarkan biaya sebesar 1 (satu) milyard rupiah dengan kapasitas kurang lebih 1200 (seribu dua ratus) orang. Untuk mencapai hal tersebut maka oleh Camat Bonti Drs. Markus menghimbau agar minimal umat/ masyarakat dapat menyumbang sebesar 30 (tiga puluh) persen dari total dana yang dibutuhkan atau sebesar Rp. 300.000.000. maka dibentuklah panitia pelaksanaan pembangunan  Aula tersebut. Dan dana yang telah terkumpul sebesar Rp. 75.000.000, atau sebesar 24 (dua puluh empat) persen dari total dana yang dibutuhkan. Sehingga belum memenuhi kuota yang diharapkan.

Untuk itu diharapakan dukungan Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam membantu terealisasinya bangunan tersebut. Bahkan Camat Bonti Drs. Markus dalam sambutannya menyampaikan bahwa diupayakan dari jumlah masyarakat sebanyak 2800 KK, jika rata-rata per KK menyumbang Rp. 120.000 dapat tercapai kurang lebih 336.000.000 dan mudah-mudahan terealiasasi. Dalam kesempatan ini pula Camat Bonti Drs. Markus menyampaikan dalam memeriahkan Natal telah diadakan kegiatan antara lain : Lomba Membaca Kitab Suci, Lomba Marathon, Lomba Koor dan Sepak Bola.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.Ip menyampaikan bahwa memang Anggaran Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam hal ini anggaran Sosial bidang Keagamaan Cuma sebesar Rp. 500.000.000 yang dibagi kepada rumah ibadah disesuaikan dengan persentase penganutnya. Dan mudah-mudahan untuk Tahun 2010 dapat ditingkatkan. Dan bersama dengan ini pula Wakil Bupati menyampaikan bantuan berupa 1 (satu) unit Organ dan uang sejumlah Rp. 3.000.000 kepada Paroki. Selain itu dalam sambutannya pula Waki Bupati menghimbau agar masyarakat segera mengurus Surat Akte Pernikahan dan Akte kelahiran bagi yang belum membuat karena Surat tersebut sangat penting dan akan terus digunakan, dan manfaatkan juga Program Nasional Gratis pembuatan Akta kelahiran dari umur 0 sampai dengan 5 Tahun.

Demi merealisasikan keinginan masyarakat Bonti akan pembangunan Aula maka Wakil Bupati mengadakan lelang sumbangan pembangunan Aula di Kecamatan Bonti. Dalam lelang tersebut selain dari para rombongan Wakil Bupati juga masyarakat Kecamatan Bonti sendiri dan tercapai kurang lebih Rp. 202.000.000,- yang terdiri atas Bantuan Pemerintah Kabupaten Sanggau sebesar Rp. 100.000.000,-, sisihan ADD dari 9 (sembilan) desa sebesar Rp. 45.000.000,- yang masing-masing desa sejumlah Rp. 5.000.000,- dan dari Wakil Ketua DPRD, anggota DPRD , beberapa Kepala SKPD, Kepala Bagian Pemerintah Kabupaten Sanggau, Danramil Bonti, Camat, pengusaha dan masyarakat yang berjumlah sebesar Rp. 57.000.000,- (dian humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar